Talking About Love With Teens – KKO SMPK Summarecon Bekasi

Talking About Love With Teens – KKO SMPK Summarecon Bekasi

Bekasi – Kelompok Kepedulian Orang tua (KKO)  tahun pelajaran 2016/2017 telah mencapai puncaknya pada hari Sabtu, 13 Mei 2017 lalu.

Sebagai orang tua, tidak sedikit dari kita yang terhenyak melihat perubahan-perubahan yang dialami anak-anak kita yang telah remaja. Seringkali kita masih menganggap mereka anak-anak yang masih harus dituntun dalam setiap pengambilan keputusan. Terkadang kita sudah menganggap mereka dewasa padahal ternyata belum sedewasa yang kita pikirkan. Remaja kita sedang masa peralihan. Peralihan dari masa anak ke masa dewasa, dari masa tergantung pada orang tua ke mandiri. Masa dimana tidak hanya kita orang tua yang memperhatikannya, namun sudah mulai ada orang lain yang memperhatikan, bahkan diperhatikan olehnya.

Melalui KKO ke delapan sekaligus terakhir di TP 2016/2017 ini orang tua dan anak dipertemukan dan difasilitasi untuk saling bicara tentang cinta. Topik yang dibahas adalah “Talking About Love With Teens”. Melalui aca ini orang tua menjadi tahu seberapa jauh pemahaman anak remaja tentang cinta,demikian juga anak menjadi tahu bagaimana pemahaman yang benar tentang cinta; hubungan antara pria dan wanita dan kesucian sebuah pernikahan.

Kegiatan ini dibawakan dengan baik oleh Bapak Darmawan Susanto (Guru BK SMPK PENABUR Gading Serpong). Dimulai dengan penyamaan persepsi antara anak dengan orang tua, lalu dilanjutkan dengan penandatanganan janji menjaga kesucian diri anak disaksikan oleh orang tua. Orang tua kemudian diberikan kesempatan untuk mendoakan dan menyampaikan pesan-pesan pribadi kepada anak. Jalannya kegiatan berlangsung dengan baik, tanggapan orang tua yang disampaikan melalui angket evaluasi  secara umum menyatakan kegiatan KKO ini sangat baik dan harus dipertahankan.

Diakhir kegiatan diberikan bingkisan bagi para orang tua- orang tua yang selalu datang berpasangan, dan para orang tua yang selalu datang mengikuti rangkaian kegiatan KKO.

Kegiatan KKO di SMPK PENABUR Summarecon telah berjalan selama 5 tahun sejak berdiri ditahun 2012 dan mendapat dukungan positif dari Kepala Sekolah, para guru dan karyawan, orang tua siswa dan juga para siswa. Semoga Kegiatan Kelompok Kepedulian Orang tua (KKO) selalu dapat menjadi kegiatan yang bermanfaat bagi semua pihak.