Pelatihan Guru Pembelajaran Abad 21

Pembelajaran Abad 21, Oleh Dinas Pendidikan Kota Bekasi Bp. Sudibyo, S.Pd,.Mpd.

Bekasi, 20 Januari 2018

Memperhatikan Dasar, Fungsi, dan Tujuan Pendidikan Nasional , pada dasarnya pendidikan di indonesia merupakan pendidikan berkarakter yang unik sesuai dengan budaya Indonesia, tetapi  sangat sejalan dengan tuntutan kecakapan Abad 21 dengan segala tantangannya. Abad 21 merupakan abad yang berlandaskan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga menuntut sumber daya manusia sebuah negara untuk menguasai berbagai bentuk keterampilan, termasuk  keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah dari berbagai permasalahan yang semakin meningkat. Dengan kata lain, berbagai keterampilan dalam bingkai ilmu pengetahuan dan teknologi yang perlu dikuasai oleh SDM, menjadi kata kunci bagi sebuah bangsa untuk turut serta dalam percaturan dunia.

Hasil pendidikan di Indonesia secara keilmuan masih dibawah negara berkembang lainnya, misalnya dalam hasil PISA tahun 2012 yang menyatakan bahwa mayoritas peserta didik di Indonesia pada usia 15 tahun belum memiliki literasi dasar (membaca, matematika, sains),maka masih diperlukan perbaikan atau pembaharuan sistem pendidikan di Indonesia.

Salah satu usaha yang dilakukan Pemerintah pada saat ini adalah dengan menggulirkan Kurikulum 2013 yang merupakan kurikulum Nasional dengan terus menerus diperbaharui agar selaras dengan tuntutan Pendidikan Global dan tidak menyimpang dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

Meskipun demikian, masih banyak permasalahan dalam dunia pendidikan di Indonesia antara lain terkait dengan; 1) pemerataan dan keseteraan pendidikan, 2) mutu dan relevansi berkelanjutan, dan 3) birokrasi, tata kelola dan akuntabilitas.

Source : dit.PSMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah

Kali ini guru-guru SMPK mendapatkan pembelajaran Abad 21 yang dibawakan oleh Pembina Dinas Pendidikan Kota Bekasi oleh Bp. Sudibyo, Spd.,Mpd.  dengan membawa alat peraga guru-guru mencoba membawakan dalam perbedaan-perbedaan pembelajaran yang dibuat.